Jumat, 14 Desember 2018

Cara Berbicara Bahasa Klingon

Jika Anda ingin membuat kagum teman-teman penggemar Star Trek (kerap disebut Trekkies); atau sekadar ingin membenamkan diri lebih jauh ke dalam jagat raya Star Trek, pertimbangkan mempelajari bahasa Klingon. Mungkin secara tradisional, bahasa ini bukanlah bahasa “sungguhan”; namun bahasa ini sangat nyata dalam artian memiliki tata bahasa dan strukturnya sendiri. Untuk penggunaan kasual, Anda bisa memfokuskan diri mempelajari beberapa kalimat kunci penting. Ada beberapa sumber yang tersedia jika Anda ingin mempelajari bahasa ini lebih dalam lagi. 

Metode 1 dari 2: Kalimat-kalimat Kunci

Speak Klingon Step 1.jpg

1. Pastikan Anda tahu cara melafalkan huruf dalam bahasa Klingon. 
 
 Secara keseluruhan bahasa ini dimaksudkan untuk diucapkan secara tegas dengan nada parau. Tiap huruf memiliki cara spesifik untuk dilafalkan dan Anda harus belajar mengetahui pelafalan hurufnya terlebih dulu sebelum bisa mengucapkan kata dengan tepat.
  • Huruf-huruf berikut dengan huruf kecil "b," "ch," "j," "l," "m," "n," "p," "t," "v," dan "w" dilafalkan sama seperti dalam bahasa inggris.
  • Huruf kecil "a" dilafalkan seperti pada kata "ah" dalam bahasa Inggris atau "bapak" dalam bahasa Indonesia.
  • Huruf kecil "e" diucapkan seperti "e" pendek pada kata "jet".
  • Huruf besar "I" dilafalkan seperti huruf "i" pendek seperti pada kata "tiba" atau "cinta".
  • Huruf kecil "o" diucapkan seperti "o" panjang seperti "nota" atau "kuota".
  • Huruf kecil "u" dilafalkan seperti "u" panjang dalam bahasa Inggris seperti pada kata "you" atau "prune".
  • Huruf besar "D" memiliki pelafalan sama seperti dalam bahasa Inggris atau Indonesia. Namun Anda harus menyentuh ujung lidah pada titik tertinggi/terdalam langit-langit mulut Anda; dan bukan di bagian depan (di belakang gigi) seperti pada bahasa Inggris atau Indonesia.
  • Huruf besar "H" membuat suara kasar dalam tenggorokan, mirip dengan huruf "h" pada kata "Bach" dalam bahasa Jerman. Biarkan tidak berbunyi. Tidak berbeda adalah huruf "gh" dianggap sebagai satu huruf dalam Klingon. Bunyi ini dibuat di bagian belakang tenggorokan seperti suara kumur, mirip dengan "H" dalam bahasa Klingon, namun dengan bunyi.
  • Huruf "ng" dianggap sebagai satu huruf dalam bahasa Klingon namun dilafalkan seperti "ng" dalam bahasa Indonesia atau Inggris.
  • Huruf kecil "q" sama seperti "k" dalam bahasa Inggris dan Indonesia namun dibuat lebih dalam di tenggorokan. Lidah Anda harus bersinggungan dengan anak lidah atau membuka tenggorakan. Huruf capital “Q”, sebaliknya mirip dengan huruf kecil "q" namun harus segera diikuti dengan bunyi "H" dalam bahasa Klingon.
  • Huruf kecil "r" mirip dengan bahasa Indonesia, namun lebih digulung.
  • Huruf besar "S" mirip dengan bahasa Inggris "sh", dengan lidah yang lebih mendekati mulut ketimbang dekat dengan gigi.
  • Huruf "tlh" dianggap sebagai satu huruf dalam Klingon. Dimulai dengan bunyi "t" namun jatuhkan lidah Anda pada sisi mulut ketimbang langsung turun. Dari sini, keluarkan bunyi "I".
  • Huruf kecil "y" dilafalkan seperti dalam bahasa Indonesia seperti "yang" atau "ya"
  • Apostrof tunggal (') dianggap sebagai huruf dalam bahasa Klingon. Huruf ini memiliki bunyi yang sama dalam bahasa Inggris seperti kata-kata yang dimulai dengan huruf hidup seperti "uh" atau "ah". Bunyi itu pada dasarnya adalah seperti menangkap atau jeda lembut pada tenggorokan. Dalam Klingon, hal ini bisa digunakan di pertengahan kata.

Speak Klingon Step 2.jpg
 
2. Sapalah teman Trekkies Anda dengan "nuqneH."
Ini sama dengan "halo"," namun memiliki arti lebih dekat dengan “Apa yang kau mau?” 
 
 
Speak Klingon Step 3.jpg
 
3. Jawab pertanyaan dengan "HIja'" or "HISlaH," or with "ghobe'. "
Yang pertama berarti “ya” dan berikutnya berarti “tidak”.
 
Speak Klingon Step 4.jpg
 
4. Beritahu apakah Anda paham dengan kata "jIyaj". 
Terjemahan kasarnya berarti “Saya mengerti”. Sebaliknya "jIyajbe'" berarti “tidak mengerti”.
 
Speak Klingon Step 5.jpg
 
5.Ungkapkan pujian atau persetujuan Anda dengan "maj" atau "majQa'.” 
Yang pertama berarti “Baik!” dan kedua “Hebat”.
 
Speak Klingon Step 6.jpg
 
6. Tanyalah pada sesama Trekkies apakah dia bisa berbicara Klingon dengan mengatakan "tlhIngan Hol Dajatlh’a’, yang secara harafiah berarti “Apakah Anda berbicara Klingon?” 
Atau jika seseorang menanyakan Anda pertanyaan itu namun Anda tidak yakin dengan kemampuan Klingon Anda, Anda bisa menjawab "tlhIngan Hol vIjatlhaHbe’," atau “Aku tidak bisa bahasa Klingon”.
 
Speak Klingon Step 7.jpg
 
7. Tunjukkan kehormatan Anda dengan bangga menyatakan, “"Heghlu'meH QaQ jajvam.
Yang berarti "Hari ini adalah hari yang baik untuk mati,” dan merupakan kalimat penting dalam budaya Klingon.
 
Speak Klingon Step 8.jpg
 
8.Nyatakan bahwa Anda seorang Klingon dengan menyatakan, "tlhIngan maH!
Kalimat tersebut berarti, “Kita adalah Klingon,” Anda bisa juga mengatakan "tlhIngan jIH" atau "saya seorang Klingon."
 
Speak Klingon Step 9.jpg
 
9. Tanya di mana kamar mandi dengan, "nuqDaq 'oH puchpae'."
Setiap spesies pasti membutuhkan kamar mandi dan Klingon bukan pengecualian. Jika Anda tidak bisa menemukan kamar mandi terdekat di pameran "science fiction" misalnya, Anda bisa bertanya dengan bahasa Klingon tadi, yang berarti, "di mana kamar mandi? " 
 
Speak Klingon Step 10.jpg
 
10. Tanya jam berapa dengan, "'arlogh Qoylu'pu'?
yang jika diterjemahkan berarti, “jam berapa?” atau secara harafiah berarti, “Berapa kali hal itu sudah didengar?”
 
Speak Klingon Step 11.jpg
 
11. Hina musuh Anda dengan "Hab SoSlI' Quch!
yang berarti, “Ibumu memiliki dahi mulus!” Klingon terkenal dengan kerutan di dahi mereka, dan menyatakan bahwa ibu seseorang tidak memiliki kerutan tersebut adalah penghinaan keras.
 
Speak Klingon Step 12.jpg
 
12. Siapkan diri menyerang musuh Anda dengan "cha yIbaH qara’DI’.
Diterjemahkan berarti, "Tembakkan torpedo!”
 
Speak Klingon Step 13.jpg
 
13. Tanyakan tempat makan yang enak dengan "nuqDaq ’oH Qe’ QaQ’e’.
Yang berarti, "Di mana restoran yang baik? "
 
Speak Klingon Step 14.jpg
 
14. Tanya apakah kursi kosong dengan, "quSDaq ba’lu’’a’.
Jika Anda ingin duduk di sebelah seorang Trekkie yang belum Anda kenal secara formal, Anda bisa menggunakan frase tersebut untuk bertanya, “Apakah kursi ini kosong?”
 
 
Speak Klingon Step 15.jpg
 
15. Lemparkan hinaan berikutnya dengan "petaQ.
Yang bisa juga ditulis "p'tahk," "pahtk," "pahtak" atau "p'tak." Ini adalah hinaan umum yang tidak bisa diterjemahkan dalam bahasa Indonesia, namun secara kasar bisa diartikan sebagai “bodoh”, “penakut” atau “orang yang tidak terhormat”. Gunakan istilah ini untuk menggambarkan orang yang tidak memiliki semangat ksatria.
 
Metode 2 dari 2: Belajar Lebih Lanjut
 
Speak Klingon Step 16.jpg
 
1. Bergabunglah dengan kelompok bahasa Klingon. 
Salah satu yang paling lengkap dan terkenal adalah The Klingon Language Institute. Namun Anda juga bisa melakukan penelitian di internet untuk menemukan kelompok fans lainnya. Coba akses informasi gratis yang diberikan kelompok tersebut untuk mengetahui apakah Anda benar-benar tertarik mempelajari bahasa ini. Beberapa dari kelompok ini menawarkan pula keanggotaan resmi, yang akan menyediakan lebih banyak akses terhadap informasi dan acara.

Speak Klingon Step 17.jpg
 
2. Dengarkan bahasa tersebut. 
Setelah Anda mempelajari abjad dan beberapa kata, cobalah lihat video di internet atau belilah CD atau DVD para ahli berbicara bahasa Klingon. Dengan demikian, Anda bisa belajar bahasa Klingon dengan mencontoh. Dengan mendengarkan berkas audio, Anda bisa mengetahui bagaimana kata-kata Klingon diuacapkan dan menggunakan berkas video, bisa membantu Anda melihat bagaimana harus membentuk mulut Anda untuk membuat bunyi serupa.

Speak Klingon Step 18.jpg
 
3. Cari kamus bahasa Klingon. 
Anda bisa membelinya di internet atau di toko buku, Anda juga bisa menemukan kamus gratis untuk diunduh. Kamus bahasa Klingon bekerja seperti kamus bahasa lain. Kebanyakan akan memiliki bagian Klingon ke Bahasa Inggris dan sebaliknya, sehingga Anda bisa menerjemahkan istilah dan kalimat bolak-balik.

Speak Klingon Step 19.jpg
 
4.Unduh tipe huruf Klingon. 
Meski Anda bisa mengeja dan membaca Klingon menggunakan abjad huruf latin, sesungguhnya ada beberapa karakter khusus yang dipakai untuk beberapa kata dan bunyi. Anda bisa mempelajari huruf-huruf ini dengan melakukan riset di internet dan buku bahasa Klingon. Jika Anda sudah merasa nyaman dengan abjad baru, Anda bisa mengunduh jenis huruf yang digunakan di abjad mereka untuk membantu komunikasi digital Anda dalam bahasa Klingon.

Speak Klingon Step 20.jpg
 
5. Baca karya yang ditulis dalam bahasa Klingon. 
Salah satu cara baik untuk mempraktikkan suatu bahasa adalah berlatih membaca. Anda bisa mengunduh atau membeli buku, majalah, puisi atau cerita pendek yang ditulis dalam bahasa Klingon. Beberapa buku ini bahkan mencakup karya yang ditulis dalam bahasa lain seperti karya Shakespeare.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar