Kaligrafi, dari bahasa Yunani; καλλι “keindahan” + γραφος “menulis” )
Bahasa Jepang Nihongo 日本語) adalah seni menulis dengan indah dengan pena
sebagai hiasan. Tulisan dalam bentuk kaligrafi biasanya tidak untuk
dibaca dengan konsentrasi tinggi dalam waktu lama, karena sifatnya yang
membuat mata cepat lelah. Karena itulah sangat sulit menemukan jenis seni dalam Kaligrafi Arab.
Naskhi (Naskh) adalah salah satu skrip yang paling awal berkembang. Kemudian
mendapatkan popularitas setelah didesain ulang oleh kaligrafer terkenal
Ibnu Muqlah di abad ke-10. Karena sistem yang komprehensif Ibn Muqlah
tentang proporsi, gaya Naskh menampilkan baris yang sangat ritmis. Naskh
kemudian telah direformasi oleh Ibn al-Bawaab dan lain-lain ke dalam
script elegan layak Al-Quran – dan kebanyakan Alquran telah ditulis
dengan Naskh dari pada semua skrip yang lain. Karena script ini yang
relatif mudah untuk membaca dan menulisnya, Naskh menarik, khususnya
untuk masyarakat umum. Naskh biasanya ditulis dengan batang horizontal
pendek – dan dengan kedalaman vertikal hampir sama di atas dan di bawah
garis medial. Kurva yang penuh dan mendalam, lorong lurus dan vertikal,
dan kata-kata umum dengan spasi yang baik. Saat ini, Naskh dianggap
script tertinggi untuk hampir semua umat Islam dan Arab di seluruh
dunia.
Dinamakan khat Tsuluts karena ditulis dengan kalam yang ujung pelatuknya
dipotong dengan ukuran sepertiga (tsuluts) goresan kalam.Thuluth skrip
pertama kali dirumuskan dalam abad ke-7 selama khalifah Umayyah, tapi
tidak berkembang sepenuhnya sampai akhir abad ke-9. Nama itu berarti
‘sepertiga’ – mungkin karena proporsi garis lurus dengan kurva, atau
mungkin karena naskah itu ukuran yang ketiga lain script populer
kontemporer. Meskipun jarang digunakan untuk menulis Al Qur’an, Thuluth
telah menikmati popularitas besar sebagai skrip hias untuk prasasti
kaligrafi, judul, judul, dan kolofon. Hal ini masih yang paling penting
dari semua skrip hias. Thuluth script ditandai dengan surat tertulis
melengkung dengan kepala berduri. Surat-surat terkait dan kadang-kadang
berpotongan, sehingga melahirkan aliran kursif proporsi yang cukup dan
sering kompleks. Thuluth dikenal dengan grafis yang rumit dan
plastisitas yang luar biasa.
Seni telah bersentuhan dengan jiwa bangsa Iran semenjak dahulu kala
sebagai warisan dari nenek moyang mereka bangsa Saman yang sebelum Islam
menulis dengan khat Pahlevi. Gaya ini merupakan nisbah ke Pahle, suatu
kawasan antara Hamadan, Isfahan dan Azerbaijan. Saat Islam menaklukkan
negeri Persia, masyarakat Iran pun memeluk Islam sebagai agama baru
mereka. Melalui pergaulan dengan masyarakat Arab muslim, orang-orang
Iran mengganti tulisan Pahlevi dengan tulisan Arab yang kemudian mereka
namakan khat Ta’liq. Pada waktu-waktu selanjutnya lahir pula gaya-gaya
khat yang lain seperti Nasta’liq dan Syikasteh. Terutama dua tulisan
pertama, kerap disebut Farisi saja mengingat asalnya dari Persia.
Riq’ah adalah salah satu gaya khat ciptaan masyarakat Turki Usmani.
Muhammad TahirKurdi menyebutkan, bahwa penggagas dan peletak dasar-dasar
kaidah khat Riq’ah adalah Mumtaz Bek, seorang konsultan d zaman Sultan
Abdul Majid Khan sekitar tahun 1280 M. Tujuan awal diciptakannya tulisan
ini adalah untuk mempersatukan seluruh kaligrafi bagi seluruh pegawai
kerajaan, sehingga mereka hanya menulis dengan satu gaya khat dalam
semua tata pergaulan resmi yang diterapkan untuk kantor-kantor
pemerintahan. Penciptanya menamakannya Riq’ah yang artinya menurut
kamus-kamus bahasa ialah potongan daun untuk menulis dan tidak ada
hubungannya dengan khat Riq’ah kuno yang pernah digunakan di seluruh
kantor admnistrasi surat menyurat Negara. Spesifikasi khat Riq’ah
terdapat pada huruf-hurufnya yang pendek dan bias ditu;is lebih cepat
daripada Naskhi, karena kesederhanaannya dan tidak memiliki struktur
yang rumit. Karena itu, kita memiliki kenyataan dalam kehidupan modern
ini khat Naskhi khusus digunakan untuk mencetak teks buku, surat kabar,
dan majalah, sedangkan khat Riq’ah khusus digunakan untuk catatan tangan
atau dikte. Di lapangan advertising atau untuk penulisan judul-judul
surat kabar, Riq’ah sering digunakan karena dapat mencakup kata-kata
panjang dengan goresan-goresan yang tidak banyak makan tempat.
Diwani adalah salah satu gaya khat yang diciptakan oleh masyaraat Turki
Usmani. Peletak dasar-dasar kaedah dan ukuran huruf-hurufnya adalah
Ibrahim Munif. Tulisan ini mulai populer setelah penaklukan kota
Konstantinopel oleh Sultan Muhammad al-Fatih tahun 875 H. Penamaan
Diwani karena dinisbahkan kepada kantor-kantor pemerintah di mana
tulisan tersebut digunakan dan dari dewan-dewan pemerintahan itulah khat
ini menyebar ke seluruh kalangan masyarakat. Karakter Diwani dikenal
dengan putarannya sehingga tidak satu pun huruf yang tak mempunyai
lengkungan. Goresannya yang lentur dan lembut memudahkan Diwani
beradaptasi dengan tulisan apapun. Hal ini pula yang memudahkan para
kaligrafer menulis dengan Diwani.
Kufi adalah script imam yang dominan di masa awal. Saat itu dibuat
setelah pembentukan dua kota Muslim Basrah dan Kufah dalam dekade kedua
era Islam (AD abad ke-8). Script ini memiliki ukuran proporsional
tertentu, bersama dengan kekakuan karena kekurusan diucapkan dan
kuadrat. Ini dikenal sebagai al-Khat al-Kufi (Kufi script). skrip Kufi
telah berpengaruh besar pada semua kaligrafi Islam. Berbeda dengan
vertikal rendah, Kufi memiliki garis horizontal yang diperpanjang.
Script ini jauh lebih lebar daripada tinggi. Ini memberinya momentum
dinamis tertentu. Script sering dipilih untuk digunakan pada permukaan
oblong. Dengan yang Handasi mulia (geometri) konstruksi, Kufi bisa
diadaptasi untuk setiap ruang dan bahan – dari kotak sutra ke monumen
arsitektur yang ditinggalkan oleh Timur di Samarqand. Karena skrip Kufi
tidak dikenakan aturan ketat, ahli kaligrafi itu mempekerjakan hampir
tangan bebas dalam konsepsi dan pelaksanaan hias yang bentuk.
Sumber :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar