Selasa, 06 Januari 2015

Mitologi Aksara Jawa

Di antara beberapa etnis, budaya Jawa terhitung lengkap, karena selain memiliki bahasa, budaya Jawa juga dilengkapi dengan huruf atau aksara, yang lebih dikenal sebagai huruf atau aksara jawa.

Mungkin tak semua bahasa dan budaya daerah memiliki huruf masing-masing, namun budaya Jawa memilikinya. Huruf itu tak terjadi dengan sendirinya. Namun ada sejarah di balik terciptanya huruf ini. Dan dalam cerita itu terkandung banyak makna dan filosofi yang terkandung didalamnya. Tentang berbagai ajaran luhur tentang mengemban amanat, sikap ksatria, loyal terhadap atasan, memegang teguh kejujuran, kerendahan atasan mengakui kesalahannya, tentang keserakahan atau nafsu yang mampu dikalahkan oleh kesucian dan banyak lagi filosofi yang terkandung dalam cerita tersebut.

 
Cerita Dibalik Terjadinya Huruf Jawa 
(Legenda Hanacaraka)
 
Dikisahkan ada seorang pemuda tampan yang sakti mandraguna, yaitu Ajisaka. Ajisaka tinggal di pulau Majethi bersama dua orang punggawa (abdi) setianya yaitu Dora dan Sembada. Kedua abdi ini sama-sama setia dan sakti. Satu saat Ajisaka ingin pergi meninggalkan pulau Majethi. Dia menunjuk Dora untuk menemaninya mengembara. Sedangkan Sembada, disuruh tetap tinggal di pulau Majethi. Ajisaka menitipkan pusaka andalannya untuk dijaga oleh Sembada. Dia berpesan supaya jangan menyerahkan pusaka itu kepada siapa pun, kecuali pada Ajisaka sendiri.

Lain kisah, di pulau Jawa ada sebuah kerajaan yang sangat makmur sejahtera yaitu kerajaan Medhangkamulan. Rakyatnya hidup sejahtera. Kerajaan Medhangkamulan dipimpin oleh seorang raja arif bijaksana bernama Dewatacengkar. Prabu Dewatacengkar sangat cinta terhadap rakyatnya.

Pada suatu hari ki juru masak kerajaan Medhangkamulan yang bertugas membuat makanan untuk prabu Dewatacengkar mengalami kecelakaan saat memasak. Salah satu jarinya terkena pisau hingga putus dan masuk ke dalam masakannya tanpa dia ketahui. Disantaplah makanan itu oleh Dewatacengkar. Dia merasakan rasa yang enak pada masakan itu. Dia bertanya daging apakah itu. Ki juru masak baru sadar bahwa dagingnya disantap Dewatacengkar dan menjawab bahwa itu adalah daging manusia. Dewatacengkar ketagihan dan berpesan supaya memasakkan hidangan daging manusia setiap hari. Dia meminta sang patih kerajaan supaya mengorbankan rakyatnya setiap hari untuk dimakan.

Oleh karena terus menerus makan daging manusia, sifat Dewatacengkar berubah 180 derajat. Dia berubah menjadi raja yang kejam lagi bengis. Daging yang disantapnya sekarang adalah daging rakyatnya. Rakyatnya pun sekarang hidup dalam ketakutan. Tak satupun rakyat berani melawannya, begitu juga sang patih kerajaan.

Saat itu juga Ajisaka dan Dora tiba di kerajaan Medhangkamulan. Mereka heran dengan keadaan yang sepi dan menyeramkan. Dari seorang rakyat, beliau mendapat cerita kalau raja Medhangkamulan gemar makan daging manusia. Ajisaka menyusun siasat. Dia menemui sang patih untuk diserahkan kepada Dewatacengkar agar dijadikan santapan. Awalnya sang patih tidak setuju dan kasihan. Tetapi Ajisaka bersikeras dan akhirnya diizinkan.

Dewatacengkar keheranan karena ada seorang pemuda tampan dan bersih ingin menyerahkan diri. Ajisaka mengatakan bahwa dia mau dijadikan santapan asalkan dia diberikan tanah seluas ikat kepalanya dan yang mengukur tanah itu harus Dewatacengkar. Sang prabu menyetujuinya. Kemudian mulailah Dewatacengkar mengukur tanah. Saat digunakan untuk mengukur, tiba-tiba ikat kepala Dewatacengkar meluas tak terhingga. Kain itu berubah menjadi keras dan tebal seperti lempengan besi dan terus meluas sehingga mendorong Dewatacengkar. Dewatacengkar terus terdorong hingga jurang pantai laut selatan. Dia terlempar ke laut dan seketika berubah menjadi seekor buaya putih. Ajisaka kemudian dinobatkan menjadi raja Medhangkamulan.

Setelah penobatan, Ajisaka mengutus Dora pergi ke pulau Majethi untuk mengambil pusaka andalannya. Kemudian pergilah Dora ke pulau Majethi. Sesampai di pulau Majethi, Dora menemui Sembada untuk mengambil pusaka. Sembada teringat akan pesan Ajisaka saat meninggalkan pulau Majethi untuk tidak menyerahkan pusaka tersebut kepada siapa pun kecuali kepada Ajisaka. Dora yang juga berpegang teguh pada perintah Ajisaka untuk mengambil pusaka memaksa supaya pusaka itu diserahkan. Kedua abdi setia tersebut beradu mulut bersikukuh pada pendapatnya masing-masing. Dan akhirnya mereka berdua bertempur. Pada awalnya mereka berdua hati-hati dalam menyerang karena bertarung melawan temannya sendiri. Tetapi pada akhirnya benar-benar terjadi pertumpahan darah. Sampai pada titik akhir yaitu kedua abdi tersebut tewas dalam pertarungan karena sama-sama sakti.

Berita tewasnya Dora dan Sembada terdengar sampai Ajisaka. Dia sangat menyesal atas kesalahannya yang membuat dua punggawanya meninggal dalam pertarungan. Dia mengenang kisah kedua punggawanya lewat deret aksara. Berikut tulisan dan artinya:



ꦲ꧀ꦲ ꦤ꧀ꦤ ꦕ꧀ꦕ ꦫ꧀ꦫ ꦏ꧀ꦏ

Ha Na Ca Ra Ka
Ada sebuah kisah

 
ꦢ꧀ꦢ ꦠ꧀ꦠ ꦱ꧀ꦱ ꦮ꧀ꦮ ꦭ꧀ꦭ

Da Ta Sa Wa La
Terjadi sebuah pertarungan


ꦥ꧀ꦥ ꦝ꧀ꦝ ꦗ꧀ꦗ ꦪ꧀ꦪ ꦚ꧀ꦚ

Pa Dha Ja Ya Nya
Mereka sama-sama sakti



ꦩ꧀ꦩ ꦒ꧀ꦒ ꦧ꧀ꦧ ꦛ꧀ꦛ ꦔ꧀ꦔ

Ma Ga Ba Tha Nga
Dan akhirnya semua mati


Sejak saat itu juga sesuai dengan urutan kata-kata yang disabdakan oleh Sang Aji Saka terbabarlah susunan aksara Jawa dan paham hidup orang Jawa, yaitu Jawaisme namanya, baik tentang kosmologia, antroposentris tentang manusia, maupun ketauhidan Tuhan yang Mahakuasa.

============

Ha-Na-Ca-Ra-Ka 
Berarti ada ”utusan” yakni utusan hidup, berupa nafas yang berkewajiban menyatukan jiwa dengan jasat manusia. Maksudnya ada yang mempercayakan, ada yang dipercaya dan ada yang dipercaya untuk bekerja. Ketiga unsur itu adalah Tuhan, manusia dan kewajiban manusia (sebagai ciptaan).

Da-Ta-Sa-Wa-La 
Berarti manusia setelah diciptakan sampai dengan data ”saatnya (dipanggil)” tidak boleh sawala ”mengelak” manusia (dengan segala atributnya) harus bersedia melaksanakan, menerima dan menjalankan kehendak Tuhan.

Pa-Dha-Ja-Ya-Nya 
Berarti menyatunya zat pemberi hidup (Ilahi) dengan yang diberi hidup (makhluk). Maksudnya padha ”sama” atau sesuai, jumbuh, “cocok” tunggal batin yang tercermin dalam perbuatan berdasarkan keluhuran dan keutamaan. Jaya itu ”menang, unggul” sungguh-sungguh dan bukan menang-menangan ”sekedar menang” atau menang tidak sportif.

Ma-Ga-Ba-Tha-Nga 
Berarti menerima segala yang diperintahkan dan yang dilarang oleh Tuhan Yang Maha Kuasa. Maksudnya manusia harus pasrah, sumarah pada garis kodrat, meskipun manusia diberi hak untuk mewiradat, berusaha untuk menanggulanginya.

Makna Huruf HANACARAKA :

Ha ꧌ꦲ꧀ꦲ꧍
Hana hurip wening suci – adanya hidup adalah kehendak dari yang Maha Suci

Na ꧌ꦤ꧀ꦤꦤ꧍
Nur candra, gaib candra, warsitaning candara – pengharapan manusia hanya selalu ke sinar Illahi

Ca ꧌ꦕ꧀ꦕꦕ꧍
Cipta wening, cipta mandulu, cipta dadi – arah dan tujuan pada Yang Maha Tunggal

Ra ꧌ꦫ꧀ꦫ꧍
Rasaingsun handulusih – rasa cinta sejati muncul dari cinta kasih nurani

Ka ꧌ꦏ꧀ꦏ꧍
Karsaningsun memayuhayuning bawana – hasrat diarahkan untuk kesajeteraan alam

Da ꧌ꦢ꧀ꦢ꧍
Dumadining dzat kang tanpa winangenan – menerima hidup apa adanya

Ta ꧌ꦠ꧀ꦠ꧍
Tatas, tutus, titis, titi lan wibawa – mendasar, totalitas, satu visi, ketelitian dalam memandang hidup

Sa ꧌ꦱ꧀ꦱ꧍
Sifat ingsun handulu sifatullah – membentuk kasih sayang seperti kasih Tuhan

Wa ꧌ꦮ꧀ꦮ꧍
Wujud hana tan kena kinira – ilmu manusia hanya terbatas namun implikasinya bisa tanpa batas

La ꧌ꦭ꧀ꦭ꧍
Lir handaya paseban jati – mengalirkan hidup semata pada tuntunan Illahi

Pa ꧌ꦥ꧀ꦥ꧍
Papan kang tanpa kiblat – Hakekat Allah yang ada disegala arah

Dha ꧌ꦝ꧀ꦝ꧍
Dhuwur wekasane endek wiwitane – Untuk bisa diatas tentu dimulai dari dasar

Ja ꧌ꦗ꧀ꦗ꧍
Jumbuhing kawula lan Gusti – Selalu berusaha menyatu memahami kehendak-Nya

Ya ꧌ꦪ꧀ꦪ꧍
Yakin marang samubarang tumindak kang dumadi – yakin atas titah/kodrat Illahi

Nya ꧌ꦚ꧀ꦚ꧍
Nyata tanpa mata, ngerti tanpa diuruki – memahami kodrat kehidupan

Ma ꧌ꦩ꧀ꦩ꧍
Madep mantep manembah mring Ilahi – yakin/mantap dalam menyembah Ilahi
Ga Guru sejati sing muruki – belajar pada guru nurani

Ba ꧌ꦧ꧀ꦧ꧍
Bayu sejati kang andalani – menyelaraskan diri pada gerak alam

Tha ꧌ꦛ꧀ꦛ꧍
Tukul saka niat – sesuatu harus dimulai dan tumbuh dari niatan

Nga ꧌ꦔ꧀ꦔ꧍
Ngracut busananing manungso – melepaskan egoisme pribadi manusia

Demikianlah sekilas gambaran tentang mitologi Aksara Jawa. Dalam beberapa komunitas terdapat banyak pandangan dan pemahaman mitologis lain tentang aksara Jawa beserta dengan penjabarannya. Sekali lagi kisah ini adalah sebuah mitologi yang pastinya sarat dengan unsur politis kelompok tertentu, terlepas dari benar atau tidaknya cerita ini dalam perjalanan sejarah. Tapi yang pasti cerita-cerita ini membuat sebuah budaya semakin menarik.


Disadur dari berbagai sumber.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar